Bubblydhe’s Weblog

Hehe..ni terinspirasi dari postingannya mas Noval kemaren. Dia lagi bahas tentang Trash Music. hmmm..sebenernya ga nyambung2 banget. Yang pengen Q tulis sih tentang fenomena beberapa bulan belakangan. Tentang Sampah Visual. Ngerasa ga kalo sekarang, kemana2 kita memandang ada foto orang ga dikenal nampang, terus disamping fotonya ada nomer sama nama partai?! Yup. Poster Caleg buat Pemilihan Legislatif tahun ini.

Rasanya sebel banget ngeliatnya. Yang lucu, pernah ada pakar politik ato sosial, aku lupa, bilang, “sekarang ini jalan2 dipenuhi gambar orang2 yang secara visual tidak menarik!”. wakakakakakaa…emang sih, tujuannya beda sama iklan yang emang bagusnya pake model yang good looking biar produknya laku. Tujuannya poster2 itu kan buat kampanye si caleg, yang emang ga bisa milih2 wajah…tapi mbok ya, sadar diri..kalo emang diri kurang menarik, posternya ga usah gede2…ditaruh jalan2 protokol lagi…bisa mengganggu konsentrasi..hehehe..blom lagi selebaran yang ditempel sembarang  di pohon, di tiang listrik, dan di tempat2 yang ga seharusnya..kayak kejadian di rumah. Masak, tiba2 aja ada bendera salah satu parpol yang nangkring di depan rumahQ tanpa ijin. dipasang malem2 pas yang punya rumah udah tidur. Zzzzzzzzzzzzzzz…ngarang pol..

Lagian, kalo dipikir2, berapa banyak duit yang mesti mereka keluarin buat bikin iklan sebanyak itu? belum tentu jadi juga kan?! yang ada ntar malah kalo jadi, mereka pada sibuk cari cara buat balik modal karena kluar duit buat kampanyenya udah abis2an. Kalo kayak gni, lama2 pencalegan (maaf ni ga EYD banget..) jadi komersil.  duit sebanyak itu kalo dipake buat bantu ngeringanin beban orang laen kan malah lebih mulia. Ga malah diabisin buat hal2 yang kurang berfaedah kayak gtu. Iya sih bermanfaat, buat dia. abis itu, mau dikemanain poster2nya? dibuang juga kan akhirnya?! Sebenernya, kalo dari awal mereka emang udah berjuang buat rakyat, pasti rakyat bisa ngeliat koq. Ga usah susah2 ngasih sembako ato duit. Apalagi pake bawa2 nama orangtua di iklannya. Ga keren banget. “si A anaknya pak B. coblos ya…kan bapaknya hebat.”. Kalo kayak gtu, apa hebatnya? Ya emang kita ga bisa milih2 orangtua. Tapi kalo emang dia berusaha pake usahanya sendiri, ga usah lah mencantumkan nama bapak ato emaknya yang prestasinya gemilang, yang notabene ga ada hubungannya sama dia.

Oiya, tapi terlepas dari itu semua, kalo bisa sih, kita ikut menyukseskan “Pesta Rakyat” alias Pemilu ntar. Kalo bisa jangan Golput ya..biar hak kita ga di salahgunain sama orang ga laen. Ga mau kan kalo orang2 yang ga bertanggung jawab make nama kita buat berbuat curang. Kalo emang ngerasa ga ada yang bagus, ya pilih deh yang terbaik diantara yang jelek itu. Yang kalo ga vote, ga berhak deh protes. Ga usah deh pake diharam2in segala. Kesadaran itu seharusnya dateng dengan sendirinya. Tunjukin kalo anak2 muda ini bisa berbuat sesuatu buat negara. Oke?!!

One Vote Counts!

Wow…dah hampir 2 bulan ya aku ga ngepost…vakum sejenak…jadi mohon maaf kalo comment2 temen2 sempat nggledak, ga tak apa2in…mohon maaf…selama vakum, aku mengalihkan perhatian sama kehidupan nyata..hehehe…UAS semester ini emang ga berperikemanusiaan blas..smuanya final project..pokoknya selama 2 minggu kemaren,hidupku kayak berjalan tanpa sadar..Tahun Baru terlewat ga kerasa..tau2 sekarang kalo nulis tanggal belakangnya 9,bukan 8..ga tidur semaleman juga ga kerasa,tau2 besoknya balas dendam tidur 16 jam..(I did this..really..) tapi Alhamdulillah, sejauh ini hasilnya baek..meskipun ada 1 nilai yang blm kluar..

Well, hari ini ada 4 temen Anonimsku (angkatanku) yang berangkat ke Kalimantan buat Kerja Praktek disana selama kira2 2 bulan..waktu dipamitin kemaren,rasanya ada sesuatu yang bikin aku mikir…kami semua nih udah beranjak gede ya?…gede banget..ga sekedar umur 20an aja..padahal aku masih inget banget gimana kami semua ketemu waktu pengkaderan dulu, baru lulus SMA, belum saling kenal, masih dipenuhi mimpi..masih belum dibebani tanggung jawab macem2..sekarang udah 2 tahun lebih kita sama2,rasanya kita udah jauh beranjak dari “kita” yang dulu..dulu kepedulian kita sama yang laen mungkin disebabkan karena kewajiban,karena kita semua harus peduli..sekarang, kepedulian itu ada, karena emang itu adanya kita. Karena itulah yang bisa kita berikan untuk yang laen..ga kurang,ga lebih…karena kita udah saling “mencintai” (hehe)..meskipun rasa itu muncul dari begitu banyak pelajaran…dengan cara keras, sampai memukul kita hingga babak belur, ato dengan cara yang begtiu lembut, sampai kita menguras seluruh empati kita untuk diberikan pada yang lainnya…setelah ini, hidup kita akan berubah lagi. Tanggung jawab kita juga akan berbeda lagi…tapi dari semua itu, yang jadi pertanyaan adalah, apa ada diantara kita yang bener2 menyadari perubahan itu terjadi? tahu2, kita udah ada di suatu titik yang ga pernah kita capai sebelumnya, dan sebelum kita sadar, kita mungkin aja dah berpindah ke titik yang lainnya..kita ga pernah bisa menyuruh waktu buat nunggu kita..sebentar lagi,mungkin tiba-tiba kita sudah mempunyai hidup masing2 yang saling jauh dari yang laen..mungkin apa yang kita miliki sekarang bakal terkikis tanpa kita sadari nantinya…tapi sebenernya, kalo buat aku sendiri, yang paling penting adalah semua yang kita miliki SEKARANG..apapun yang pernah kita miliki dulu atau apapun yang akan kita miliki nantinya di masa depan, biar jadi masalah pada waktunya masing2…

Well,koq jadi serius gini ya??!! betewe,ni ada beberapa kenangan yang mungkin bakal ngingetin kita saat2 dmn kita dulu memulai perjalanan kita bersama…

Cuban Rondho, 2006Cuban Rondho, 2006
Cuban Rondho 2, 2006Cuban Rondho 2, 2006
SI Games 2007

SI Games 2007

Pra TD 2006

Pra TD 2006

sebenernya masih banyak siy…tapi ukurannya lbh dari 2Mb.. kasian kompinya..😀

1. nama skul kmu?
SMA Negeri 1 Puri Mojokerto (ada yang tau ga??)

2. nama ketua kls kmu?

kelas 1 : Hanif Yudhaputra (Nipam)

kelas 2 : Purwanto

kelas 3 : Hanif Yudhaputra (Nipam)

kalo diperhatiin, ketua kelasku kelas 1 sama 3 adalah orang yang sama..ga kreatif blas wes,…

3. jabatan kmu di kls?

eummm…agak lupa siy..kecampu2 sama memory SMP..kelo ga salah kelas 1 rakyat jelata, kelas 2 sekretaris, kelas 3 sekretaris be’e..lupa..

4. guru yg paling killer?

ini yang pernah ngajar kita ya??eumm.. Bu Slank de..(nama asli dirahasiakan demi kepentingan bersama..) guru bahasa Indonesia pas kelas 3..tapi orangnya syang banget sama aku..hehehe(penjilat kelas wahid..)

5. nama kepsek kmu?

Bu Endang Suyanti. yang paling tak inget dari dia, tanda tangnnya mirip ama isi stapler..

6. nama wakepsek km?

ga tau..ga pernah dipublikasikan…eh, apa Pak Imam ya??orangnya ganteng..hehehe..

7. pernah jd ktua kls?

kalo SMA ga pernah..kalo SD pernah..4 tahun berturut-turut..

8. pelajaran yg paling gak sk?

eumm…sosiologi…

9. keg rutin km di kls?

ngrumpi,nyatet catetan temen,ngeliatin anak2 kelas 1 yang “seger2” (pas kelas 3 jendela kelasku ngadep ke kelas 1..) dengerin guru lah..(sumpah,dulu SMA masih ada di jalan yang lumayan lurus..)

10. pernah di skors?

Alhamdulillah nggak..gak pernah ketahuan soalnya kalo melakukan tindakan kriminal..wakakakaka…

11. sering di hukum?

idem sama jawaban pertanyaan sebelumnya…

12. sering bwt PR di skul?

pertanyaan yang bener itu : pernah bwt PR di rumah? (lebih gampang diitung soalnya…)

13. tmpt du2k di atur gak?

kalo milih tempatnya sih ga..tapi tiap hari dirotasi..kecuali kelas 3.

14. no absen km?

3 TAHUN BERTURUT2 ABSENKU NO 7!!!

15. km jurusan IPA/IPS/BHS?

IPA

16. sk bolos gak?

eumm..kalo bolos cabut dari sekolah siy ga pernah..tapi  pernah bolos seijin orang tua..hehehe..dibikinin surat ijin..pas lagi jenuh2nya..bravo for my parents!!

17. sering rame?

kalo kelas rame, berarti yang bikin rame aku…kalo kelas sepi,berarti aku lagi ga mood…(masa lalu yang suram..)

18. ad adek kls yg rese?

males banget nikirin adek kelas rese…mending mikirin adek kelas ganteng…wakakakakakaka…

19.klo kk kls?

wes tah, sangat menghindari rese-merese antar angkatan…suka2 de..betewe,Puri termasuk sekolah yang  jarang ada gontok2an macem sinetron gitu…

20.blh bw hp ke skul?

boleh lah…

21. pernah brantem di skul?

aku anak yang sangat baek waktu itu…hmmm…inner peace…inner peace…

22. pel yg paling km sk?

pasti lah bahasa Inggris, dan pelajaran bahasa2 lainnya..(Jepang, Mandarin),eummm…sama kimia,sejarah..

23. tmpt fave di skul?

kantin sama perpus..inner peace..enak aja di perpus kalo lagi butuh ketenangan…

24. ad kantin gak?

ada lah…hidupku hambar tanpa kantin…

25. sk langgar praturan gak?

eummm…lupa..kayaknya sering..tapi ngelanggarnya biasanya bareng2 anak sekelas..(kelas 3 IPA ku kelas IPA paling mengerikan…)

26. baju sk di kluarin?

ga lah…kalo urusan baju,aku rapi banget dulu..

27. sk nyontek?

kalo kepepet…hehehe..tapi pas Unas ga koq…sumpah..

28. nama panggilan km di skul?

budhe, dhe, saras, budiasih, bee (ada guru bahasa inggrisku yang suka panggil aku pake nama ini)

29. pesen bwt angkatan di bwh km?

eumm…ayo dunk, banyakin anak Puri di ITS…syepi..krik..krik..krik…

30. tag?

gag ngetag sapa2…ntar sakit…ga sopan ngetag2 kepala orang..

Hmm..Image Headernya itu foto di Vredeburg juga betewe..hehew..ga pake efek,sumpah!

Oke, hari ke-3. Kita dah rencanain dari awal kalo kita mau nyobain naek bis Trans Jogja. pengen tau aja gimana keadaannya (baek” aja). nah, ternyata ada yang jurusan Malioboro langsung ke Prambanan. Kebetulan! Akhirnya setelah tanya”, kita naek dari shelter (haltenya) Maliboro, ntar naek yang jalur 1A, langsung deh tururn shelter Prambanan. cuma bayar Rp 3000. Ternyata bisnya keren banget! bersih! ya mungkin secara masih baru…tapi emang di dalem juga ga ada orang buang sampah sembarangan..mungkin malu juga siy..pasti keliatan kalo buang sembarangan. lagian ada tempat sampahnya juga di dalem bis. singkat cerita, nyampe shelter Prambanan ternyata kita masih harus jalan kaki kira” 1 km menuju pintu masuknya. Meskipun sebenernya banyak andong, tapi mengingat prinsip nggembel kita, pengeluaran harus seminimal mungkin! Tiket masuknya Prambanan Rp 8000. yang unik, di Prambanan disetelin musik gamelan yang disetel lewat loudspeaker. Jadi kemanapun kita melangkah, kita denger gamelan..lucu juga..jadi kayak backsound gtu.Sayangnya pas di Prambanan, candi”nya masih di renovasi gara” gempa tahun 2006. Jadi banyak area yang dipagari. Well, setelah keliling”, kita kehujanan lagi…akhirnya kita brenti dulu di Museum Prambanan. Sebenernya siy, kita tertarik buat mampir coz di depan ditulis GRATIS! ternyata di dalemnya ada pendopo yang cukup gede dan sejuk banget. Dasar ga jelas, anak” malah ketiduran di pendoponya…udah gtu,ada turis asing lewat yang ketawa ngeliat kita geletakan di pendopo…abis bangun, sholat Duhur, kita ke ruang audio visualnya museum. bayar Rp. 2000. disana disetelin film sejarah Prambanan. Jadi njelasin tentang dewa” gtu..and, guess what, anak” tidur lagi di dalem..Zzzzzzzz….malu sama rombongan laen…singkat cerita, kita pulang naek Trans Jogja lagi, tapi muter ke UGM. FYI, selama kita belom kluar dari shelter, berapa kali pun oper, kita ga akan ditarik biaya lagi buat naek Trans Jogja. Cihuyy!!

Nyampe Malioboro, kita ke masuk ke Mall coz mau beli paket attacknya *tiiiitt* (sensor). ya wes lah, abis makan, kita istirahat bentar buat siap” belanja ke Malioboro malemnya. Sebenernya ada dosa yang kita lakuin sebelum berangkat ke Malioboro..ceritanya gni, kita kan foto” bareng ber8 (Debi tidur) di atas kasur, tiba”, DIPANNYA JEBOL! HIIIYAAAA…dengan segala kepanikan, akhirnya dipannya kita iket pake…kresek!! Mohon maaf Ibu Penginapan..Kami sedang begitu gembelnya..sehingga untuk makanpun susah..akan saya promosikan penginapan ibu kemana” deh! Sueerrr!

Ya wes, malemnya kita pada mencar sendiri” buat belanja…kalo yang ini ga perlu diceritain deh kayaknya..

Daftar Harga :

– Sarapan (nitip temen beli di daerah kampus) nasi+ayam+sayur Rp 5000

– Air Mineral 1,5 liter Rp 3500

– Tiket Trans Jogja @ Rp 3000

– Tiket Masuk Prambanan @ Rp 8000 + ijin kamera Rp 1000

– Tiket Audio Visual @ Rp 2000

– Paket Attack Rp 7000

Bus Trans Jogja

Bus Trans Jogja

Betewe, sebelumnya minta maap…buat upload foto disini agak lemot..foto”nya tak taruh fsQ aja ya…(saras_dhe@yahoo.com) yang disini beberapa aja..

Oke, petualangan hari kedua dimulai…Hari ini kita rencanain buat mengunjungi Benteng Vredeburg, Keraton, sama Taman Sari, JALAN KAKI! biar hemat..kita mutusin,hari ini kita musti dapet makanan murah..alternatifnya,coba cari di Pasar Beringharjo. Q ga yakin bakal ada makanan murah juga disana, makanya  beli susu sama roti aja deh di supermarket. disana bener aja, yang ada palingan soto yang harganya Rp 5000, sama pecel yang 3000an, tapi tempe bacemnya aja 1000. sukur deh…oke, lanjutin perjalanan..kita sebenernya ragu” mau masuk Benteng Vredeburg, takut bayarnya mahal, ternyata ga ada apa”nya..tapi karena sekalian lewat pas mau ke Keraton,dan waktu itu masih jam 08.00 (Keraton katanya buka jam 10.00) ya wes, ngintip aja dulu..eh, ternyata tiket masuknya cuma Rp 750! dan yang bikin seneng, ternyata tempatnya keren banget!kita foto paling banyak disana..hehe..disana juga ada diorama tentang pemindahan ibukota ke Jogjakarta. biarpun dioramanya sepi, tapi terawat dan bersih banget!

Next Stop : Keraton. kita dah deg”an aja ga boleh masuk coz kita banyak yang pake sandal. Petunjuk, jangan masuk lewat depan (depan alun”). Puter dulu, belok kanan, terus belok kiri. kalo liat ada jam besar, belok kiri lagi. nah,itu baru pintu masuk Keraton. ternyata gapapa pake sandal,asal bajunya sopan. di Keraton bayar Rp 5000 per orang, kalo bawa kamera nambah Rp 1000. Alhamdulillah banget, pas kita kesana, pas ada tari”an di Keraton. Lumayan.ada kenangannya,…Abis dari Keraton, kita nerusin perjalanan ke Taman Sari. disana jalan masuknya agak mbulet karena kita salah gang. untungnya ada Bapak yang memposisikan diri jadi guide kita (bayar 10.000). Kita jadi tahu kalo Taman Sari dulunya tempat pemandian Putri” Kerajaan Mataram Jawa. dipake sampe Raja Mataram ketiga. Tempatnya luas banget. Q lupa berapa hektar tepatnya. sekarang tanah yang begitu luasnya itu ditempati penduduk. hak miliknya tetep Sultan. Tapi penduduk boleh nempatin. Kalo sultan butuh,mereka bakal dipindahin, ke tempat baru. Mungkin itu juga kenapa penduduk Jogja cinta banget sama Sri Sultan. Karena Sultan juga perhatian banget sama penduduk Jogja. sayangnya banyak bangunan yang rusak gara” gempa Jogja tahun 2006.

Pulangnya kita Jalan lagi balik ke Malioboro..and guess what?! HUJAN lagi!!ya wes lah..tunggu ujan brenti dulu..well,singkatnya, kita dah nyampe penginapan. sekarang kita bingung mau makan malem pake apa. kebetulan, pas lewat di depan Malioboro Inn, ada rombong yang jual nasi. kecil banget.pas kita tanya harganya, Rp 1000!! yippie… ternyata itu yang namanya nasi kucing. Puasss pokoknya hari ini…ngunjungin tempat” keren, makan hemat…beuh…terbaik..

Daftar Harga :

– Nasi Pecel Beringharjo Rp 4000

– Soto Ayam Rp 5000

– Tiket Masuk Vredeburg @ Rp 750

– Tiket Masuk Keraton @ Rp 5000 + ijin kamera Rp 1000

– Bakso Keraton Rp 5000 + Teh anget Rp 2000

– Guide Taman Sari Rp 10.000

– Tiket Masuk Taman Sari @ Rp 2500

– Nasi Kucing @ Rp 1000

ini nih namanya nasi kucing...

ini nih namanya nasi kucing...

Well, sebenernya kita rencana mau berangkat tanggal 31 Oktober,hari Jumat, jadi abis UTS langsung cabut ke Yogya. Sayangnya, ternyata hari itu kita mesti ngumpulin tugas UTS OLAP yang due datenya tanggal 31 November 2008 jam 23.59…T.T ya wes lah, akhirnya perjalanan dimundurin sehari. Karena ga pengen keilangan banyak waktu, kita (bersembilan, cewek semua..) mau berangkat naek kereta yang paling pagi ke Yogya. Karena dari awal emang udah diniatin bahwa perjalanan ini harus dilakukan dengan biaya yang paling minimal (a.k.a NGGEMBEL), jadi kita survey ke Gubeng kereta ekonomi apa yang berangkat paling pagi. ternyata, kereta ekonomi arah Jogja (ga tau yang bener Yogya apa Jogja. tapi Q lebih suka nulis Jogja..maap..) berangkat jam 14.35 (Kereta Sri Tanjung). Yang pagi adanya Sancaka, kereta bisnis jam 07.00. ato Logawa, jurusan Purwokerto berangkat jam 10.04. Akhirnya kita naek Kereta Pasundan jurusan Bandung, turun di stasiun Lempuyangan, berangkat jam 06.00. Daftar Harga :

– Sri Tanjung & Pasundan (pokoknya kereta ekonomi) kalo turun Jogja Rp. 21.000

– Sancaka, kalo hari biasa Rp. 55.000, kalo Jumat, Sabtu, Minggu Rp. 60.000

itu daftar harga per 1 November 2008. Alhamdulillah, meskipun naek ekonomi, keretanya ga terlalu rame, jadi kita bisa dapet duduk. Keretanya berangkat tepat waktu. kita nyampe di stasiun Lempuyangan kira” jam 1 siang. Sholat dulu…Yang asik niy, dari Lempuyangan ke stasiun Jogjakarta kota (Tugu), kita cukup numpang kereta Prambanan Express (Pramex), semacam komuter kalo di Surabaya, GRATIS! Keretanya bersih dan masih bagus banget. wah, kesan awal tentang Jogja dah baek nih…

Karena dah jamnya makan siang, akhrnya kita mutusin makan dulu, baru cari penginapan. Stasiun Tugu ga terlalu jauh dari Malioboro, jadi biar hemat, mending jalan kaki..kita makan di warung” tenda Malioboro. Biar aman, karena Malioboro itu termasuk daerah wisata, cari warung yang majang harga di depannya. jangan sampe kita enak”in makan, terus pas ditagih kita pingsan..kebanyakan warung di Malioboro harganya sama. bakso 5000, gudeg telor 6000, teh anget 2000 (WHAT?!!). jadi sebenernya, mending kita bawa minum aer mineral sendiri..

Oke, perut udah kenyang. Sekarang waktunya buat nyari penginapan. Karena kita dah rencan mau jalan kaki kemana”,kita carinya penginapan yang deket” Malioboro aja. ya sekitar jalan Dagen, Sosrowijayan. Harganya kalo penginapan (Penginapan lho ya, bukan Hotel!) sebenernya hampir sama smua. palingan Rp. 70.000 semalem, buat 2 orang. kalo mau nambah orang nambah Rp 20.000. Paling banyak sekamar 3 orang. itu rata” segitu. Jadi 3 orang Rp 90.000 semalem. Bodohnya, yang ga kita pikirin adalah, SEKARANG INI MUSIM UJAN! jadilah kita keujanan, dalam keadaan belum dapet penginapan (soalnya kita pengennya lebih murah dari itu…hehe..). setelah muter” ga jelas sampe hampir putus asa karena keujanan, ada pak Becak yang nunjukin penginapan di dalem gang masuk dari jalan Sosrowijayan. Harganya Rp 60.000 semalem buat 2 orang, kalo nambah orang nambah Rp 20.000.  Jadi total Rp 80.000 semalem buat 3 orang. yah, itu dah paling murah…Jadi ya kita mutusin nginep disana. Q lupa nama gangnya. yang pasti kalo kita keluar gang, kita bakal ngeliat Malioboro Inn ngejogrok di depan kita. namanya, Penginapan Losmen Jaya (nama yang cukup mencurigakan…)

Oke, masalah Penginapan beres…sekarang kita bingung cari makan malem…kita belum tau tempat” makan yang murah. akhirnya, karena kita kelaperan, kita nekat beli nasgor di pinggir jalan Sosrowijayan. yah, rasanya emang enak banget! entah karena Bapaknya pinter masak, entah karena kita kedinginan (malemnya ujan lagi), entah karena laper, yang pasti Q ngerasanya enak. setelah makan, tanya harga. yah, ternyata harganya Rp 8000. berasa bayar nasgornya Pak Bas..setelah diitung” pas nyampe penginapan, ternyata Q abis duit Rp 100.000termasuk kereta sama penginapan..kesimpulannya, saat hari pertama, jangan beli yang aneh”! karena pengeluaran hari pertama pasti yang paling banyak..

Daftar Harga :

– Peta Wisata Jogja (beli di Uranus) Rp 16.800

– Tiket Kereta Ekonomi jurusan Jogja Rp 21.000

– Gudeg Telor Malioboro Rp 6000

– Bakso Malioboro Rp 5000 + Teh anget Rp 2000

– Penginapan 1 malam Rp 80.000 buat 3 orang

– Nasgor Sosrowijayan Rp 8000

Halu-halu…Perjalanan ke Jogja dah selesai niy…

Abis ni bakal tak post semua kisah,foto-foto,sampe biaya-biaya yang kita keluarin selama disana. Yah..mirip” sama Guide Book gitu..tapi khusus buat orang” yang mau nggembel kesana…hehew…

ni Q ngepostnya per hari ya…perjalanan kita mulai dari tanggal 1-4 November 2008…biar ga kepanjangan bacanya..jadi sehari”,..OK, let’s get started!


    • asif faroqi: milih wajah? wakakakakaka ... emange iso milih wajah? engkok lak yo keliru nyontreng lak an?
    • desy putri: thok..thok... assalamu'alaikum,,, :) numpang lewat adekku :D
    • SaRAszzoNe: @mz noval : itu maksudnya pengen nusuk yang masang bendera partai sembarangan di rumahku. @Yeyek : ya kan sekarang semua orang bisa jadi caleg...hw